isi blog

chados sangkek. Diberdayakan oleh Blogger.

Lencana Facebook

TIPE PEMIMPIN YANG DI INGINKAN?

Diposting oleh CHADOS-SANGKEK On 06.21.00

Keadaan Indonesia sekarang sudah berubah, dan sudah seharusnya kaum muda juga mengubah diri. Kita semua tahu negara kita berada dalam proses transformasi, perubahan besar, termasuk di dalamnya reformasi dan demokratisasi di segala bidang kehidupan.

Saat ini ada anggapan bahwa anak muda Indonesia sibuk beraksi namun tidak banyak yang berkarya. Padahal kekayaan terbesar Indonesia adalah jumlah, kualitas, dan potensi pemimpin mudanya.

Banyak kaum muda yang seakan terlena dan lupa mengevaluasi diri sejak peristiwa reformasi 13 tahun yang lalu. Kita sebagai generasi muda perlu sadar bahwa „jaman sudah berubah“, masyarakat sudah lelah melihat generasi muda yang sibuk beraksi, masyarakat menuntut generasi muda yang punya prestasi.

Pemimpin harus penuh dengan gagasan dan ide. Jangan berhenti berpikir, terus-menerus berkembang, dan dapat mengelola perubahan dan krisis. Pemimpin harus menjadi orang-orang dengan pemikiran dan aksi, dan yang lebih berat, menjadi contoh bagi lingkungannya. Seorang pemimpin harus memiliki tujuan, berani mengambil risiko, ulet, dan gigih. Seorang pemimpin juga harus cerdas dan cekatan dalam menghadapi kompetisi.

Pemimpin di manapun, baik itu do organisasi kepemudaan, militer, politik, atau bisnis, pasti memiliki tujuan dan semua mengalami permasalahan dan tantangan yang rumit dan berat. Oleh karena itu, kita semua hampir pasti mengambil risiko. Kita harus ulet dan gigih, tapi juga cerdas dan cekatan dalam memimpin kompetisi.

Mengenai pemimpin harus fokus kepada nilai, proses, atau hasil, bahwa pada akhirnya keberhasilan seorang pemimpin dilihat dari apakah ia mencapai tujuannya. Dalam tingkatan negara, keberhasilan bisa dilihat dari kemajuan yang terjadi pada masa kepemimpinan seseorang.

Meskipun akhirnya yang dilihat adalah hasil, tetapi tidak mungkin itu dicapai kalau prosesnya tidak benar, dan proses yang benar pastilah juga sang pemimpin tetap bertumpu kepada nilai dan prinsip-prinsip yang baik dan benar. Kepemimpinan adalah seni dan ilmu mempengaruhi atau mengajak orang lain untuk mencapai tujuan dan objektif dari sebuah organisasi.

Hal ini berbeda dengan manajemen karena kepemimpinan lebih berorientasi pada manusianya, sedangkan manajemen mengait pada semua sumber daya, meskipun keduanya tak bisa dipisahkan

0 Response to "TIPE PEMIMPIN YANG DI INGINKAN?"

Posting Komentar

KO TITIP PESAN DI SINI

kawanku Terima kasih telah mengunjungi alamat apa kabar papua!

Lencana Facebook

Followers

Blog Archive

Blog Archive

Category

Lencana Facebook

Cs utbir

APA PILIHAMU TENGTAN BLOG INI

flagcounter

free counters

Cari Blog Ini

coba

Calendar




SMS GRATIS

Download

hit counter

Total Tayangan