isi blog

chados sangkek. Diberdayakan oleh Blogger.

Berburu kuskus di kampung skendi kabupaten sorong selatan papua barat

Masyarakat kampung Skendi kabupaten sorong selatan papua barat, berburu binatang  sama pada umumnya.Berburu binatang yang dilakuakan oleh masyarakat kampung Skendi kabupaten sorong selatan papua barat pada umunya hanya sekedar mau makan saja. Artinya kapan saja bisa mereka akan berburu. Masyarakat kampung Skendi kabupaten sorong selatan papua barat Mereka berburu binatang pada malam hari menggunakan alat penerang senter dan alat tembak senjata angin ( cis) Berburu merupakan kebiasaan manusia mencari atau mengejar binatang dengan cara jituh yang mereka miliki ini merupakan kebiasaan atau sistem sosial masyarakat. Pengertian perburu menurut Kamus besar bahasa Indonesia mengejar untuk menangkap binatang di dalam hutan.
 
Yang biasa mereka berburu adalah kuskus , di daerah kampung Skendi kabupaten sorong selatan papua barat ini   tidak mudah untuk mendapatkan binatang harus berjalan hingga satu  sampai dua  km
Biasanya kuskus  ini binatang yang paling enak kalau dimakan, dari binatang binatang lainya. Biasanya binatang ini hidup di gua- gua atau di pohon- pohon bersar. Seketika ia mau mecari makan, selalu malam hari, sedangkan siang hari ia beristirahat. Kuskus ini masyarakat kampung skendi  biasa disebut ( simick dan taick  ).
Untuk mencari atau  berburu binatang ini,  kita harus menggunakan peralatan berburuan yang lengkap. Peralatan atau bahan untuk mencari kuskus  antara lain: busur dan anak pana, peluru cis, senapan angin, senter, baterai (batere), percis, dan perlengkapan lainnya. Kadang kalah dalam pemburuan binatang ini tidak tentu kita dapat, dan sebaliknya.  Kadang tidak.
Tempat atau lokasi yang kita mau berburu bukan di ladang tau kebun, tetapi kita mencarinya di hutan belantara menggunakan senter atau cahaya bulan. Untuk ketemu binatang ini, tentu punya cara- cara tersendiri, yaitu kita duduk mendengarkan jejaknya ia mencari makan, atau pada saat ia jalan mencari makan lalu kita bisa ketahuinya.  kalau  mau ketemu denga cepat, kita harus membawa  anjing. Kalau anjing yang kita bawa ini menggong -gong, maka itu menandakan bahwa ia ada lihat kuskus atau binatang lainya.
Setelah kita ketemu  binatang ini, kita mulai mengancang- ancang untuk membununya. Kalau pake anak pana, tentu akan panjat  pohon  lalu memanah atau menembakinya. Kalau menembaki menggunakan senapan angin, hanya tinggal pompa dan menembakinya. Tapi belum tentu kita begitu tembak ia mati, tapi tembak berkali- kali baru ia bisa mati. Namun kita tembak pada sasaranya, maka ia langsung mati.

0 Response to "Berburu kuskus di kampung skendi kabupaten sorong selatan papua barat "

Posting Komentar

KO TITIP PESAN DI SINI

kawanku Terima kasih telah mengunjungi alamat apa kabar papua!

Lencana Facebook

Followers

Blog Archive

Blog Archive

Category

APA PILIHAMU TENGTAN BLOG INI

flagcounter

free counters

Cari Blog Ini

coba

Follow by Email

Calendar




SMS GRATIS

Download

hit counter

Total Tayangan