isi blog

chados sangkek. Diberdayakan oleh Blogger.

Lencana Facebook

Rencana Strategis BPS Kabupaten Fakfak

Diposting oleh CHADOS-SANGKEK On 01.17.00

BAB I
PENDAHULUAN


1.1     Latar Belakang

Tata kepemerintahan yang baik merupakan suatu konsepsi tentang penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, demokratis dan efektif. Tata kepemerintahan yang baik tersebut hanya dapat diwujudkan jika pemerintah, dunia usaha swasta, dan masyarakat berperan secara seimbang. Upaya untuk mewujudkan keseimbangan peran tersebut telah dituangkan dalam Peraturan perundang-undangan, antara lain:
-            TAP MPR Nomor XI Tahun 1998 tantang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas KKN;
-            UU Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari KKN;
-            UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik;
-            Inpres Nomor 5 tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi;
-            Keppres Nomor 103 Tahun 2001 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Keweenangan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pemerintah Non Departemen;
-            Keputusan Kepala BPS Nomor 121 Tahun 2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perwakilan BPS di Daerah.
Salah satu inti pokok dari peraturan tersebut adalah bahwa setiap instansi pemerintah diwajibkan mengimplementasikan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sistem AKIP) dengan tujuan untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai salah satu prasyarat untuk terciptanya pemerintahan yang baik dan terpercaya.

1.2     Kedudukan, Tugas, Fungsi, dan Susunan Organisasi

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Fakfak sebagai bagian dari BPS Republik Indonesia (BPS RI) mempunyai kedudukan, tugas, dan fungsi serta kewenangan sebagai berikut:

1)   Kedudukan
BPS Kabupaten Fakfak adalah instansi vertikal BPS RI yang berada di kabupaten, dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala BPS Provinsi Papua Barat.

2)   Tugas
BPS Kabupaten Fakfak mempunyai tugas melaksanakan penyelenggaraan statistik dasar, neraca wilayah, analisis dan pengembangan, koordinasi dan kerjasama statistik, serta pembinaan statistik. Disamping itu, BPS Kabupaten Fakfak juga mempunyai kewajiban untuk melakukan diseminasi data dan informasi statistik yang telah dihasilkan kepada para pengguna data yang membutuhkan.

3)   Fungsi
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana tersebut diatas, BPS Kabupaten Fakfak menyelenggarakan fungsi :
1.     Pengumpulan, pengolahan, evaluasi dan laporan statistik dasar yang meliputi statistik kependudukan, statistik produksi, statistik distribusi dan neraca wilayah
2.     Koordinasi dan kerjasama statistik dengan instansi pemerintah, swasta, lembaga organisasi, perorangan dan unsur masyarakat lainnya.
3.     Penghimpunan, pengolahan, dan pengembangan rujukan statistik, serta pemberian rekomendasi penyelenggaraan statistik kepada instansi pemerintah di tingkat Kabupaten.
4.     Penyiapan bahan untuk pengembangan pembakuan konsep, definisi, klasifikasi dan ukuran-ukuran, serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendukung penyelenggaraan statistik.
5.     Pelayanan informasi statistik dan penyebarluasan hasil statistik kepada pemerintah dan masyarakat serta upaya peningkatan sadar statistik bagi masyarakat.
6.     Pembinaan penyelenggara kegiatan statistik, responden, dan pengguna statistik.
7.     Penyusunan rencana dan program serta urusan administrasi dan kerumahtanggaan BPS Kabupaten Fakfak.
8.     Tugas lain yang diberikan oleh Kepala BPS Provinsi dan Kepala BPS Pusat.

4)   Susunan Organisasi
Struktur organisasi BPS kabupaten/kota telah ditentukan sesuai dengan Keputusan Kepala BPS Nomor 121 Tahun 2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perwakilan Badan Pusat Statistik Daerah guna melaksanakan tugas, fungsi, kewenangan, susunan organisasi, dan tata kerjanya. Demikian halnya dengan BPS Kabupaten Fakfak yang memiliki struktur organisasi sebagai berikut:
a.  Kepala.
b.  Sub Bagian Tata Usaha.
c.   Seksi Statistik Sosial.
d.  Seksi Statistik Produksi.
e.  Seksi Statistik Distribusi.
f.   Seksi Neraca Wilayah Dan Analisis Statistik.
g.  Seksi Integrasi Pengolahan Dan Diseminasi Statistik.
h.  Kelompok Jabatan Fungsional.
Struktur organisasi BPS Kabupaten/Kota secara terperinci dapat dilihat  pada lampiran 1a.

1.3     Landasan Hukum
Dalam penyelenggaraan pelaksanaan tugas dan fungsinya, BPS Kabupaten Fakfak dilindungi oleh perangkat hukum, yaitu:
1.            Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang statistik menjamin kepastian hukum bagi penyelenggara dan pengguna statistik baik pemerintah maupun masyarakat. Dengan adanya Undang-Undang Statistik ini maka kepentingan masyarakat pengguna statistik akan terjamin terutama atas nilai informasi yang diperolehnya
2.            Peraturan Pemerintah RI Nomor 51 Tahun 1999 tentang penyelenggaraan statistik yang mengamanatkan bahwa BPS berkewajiban menyelenggarakan kegiatan statistik dasar.
3.            Keputusan Presiden RI Nomor 103 Tahun 2001 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Kewenangan, Susunan Organisasi dan Tata kerja Lembaga Pemerintah Non Departemen yang mempunyai tugas penyelenggaraan statistik dasar.
4.            Keputusan Kepala BPS Nomor 121 Tahun 2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perwakilan BPS di Daerah.













BAB II
RENCANA STRATEGIS DAN PENETAPAN KINERJA


2.1   Rencana Strategis BPS Kabupaten Fakfak

Dalam rangka memberikan arah dan sasaran yang jelas, serta sebagai pedoman dan tolak ukur kinerja dalam pelaksanaan pembangunan statistik yang diselaraskan dengan arah kebijakan dan program pembangunan nasional yang telah ditetapkan dalam Pembangunan Jangka Panjang (PJP) 2010-2035 dan Pembangunan Jangka Menengah (PJM) 2010-2014, Kepala BPS Kabupaten Fakfak dalam menetapkan rencana strategis tahun 2010-2014 mengacu Renstra BPS Pusat 2010-2014.
Tuntutan terhadap penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang baik (good governance) dan pemerintah yang bersih (clean government), merupakan hal mutlak bagi kepercayaan masyarakat yang harus diterapkan dalan kegiatan pemerintahan. Keterbukaan atau setidaknya transparansi instansi pemerintah dibidang informasi (termasuk informasi statistik) mengharuskan pemerintah menyajikan informasi yang obyektif, akurat, tepat waktu, terpercaya dan lengkap. Untuk itu, BPS Kabupaten Fakfak perlu menyusun suatu perencanaan strategis (renstra) pembangunan dibidang statistik yang komprehensif dan mampu mengemban tugas pokok dan fungsinya yang secara tidak langsung dapat mempercepat terwujudnya good governance dan clean government tersebut.
Rencana strategis pembangunan statistik BPS Kabupaten Fakfak adalah dokumen perencanaan pembangunan dibidang statistik yang berskala kabupaten yang berlaku selama kurun waktu 2010-2014.

1)   Visi BPS Kabupaten Fakfak

BPS Kabupaten Fakfak mempunyai visi sebagai “Pelopor Data Statistik Terpercaya untuk Semua”  sebagaimana visi tersebut telah ditetapkan sebagai visi Badan Pusat Statistik.

2)   Misi BPS Kabupaten Fakfak
Dalam rangka mencapai visi tersebut, BPS Kabupaten Fakfak memiliki misi yang menggambarkan hal-hal yang harus dilaksanakan, yaitu:
1.    Memperkuat landasan konstitusional dan operasional lembaga statistik untuk penyelenggaraan statistik yang efektif dan efisien dengan penataan kelembagaan, dan career planning didalam seluruh unsur kekuatan BPS termasuk BPS Provinsi maupun Kabupaten/ Kota.
2.    Menciptakan insan statistik yang kompeten dan professional, didukung pemanfaatan teknologi informasi mutakhir untuk kemajuan perstatistikan Indonesia dengan Pengembangan Kualitas SDM, melalui STIS dan Diklat baik dari BPS maupun dari instansi daerah yang menyelenggarakan.
3.    Meningkatkan penerapan standar klasifikasi, konsep, dan definisi pengukuran dan kode etik statistik yang bersifat universal dalam setiap penyelenggaraan statistik dengan penguatan NSPK (Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria).
4.    Meningkatkan kualitas pelayanan informasi statistik bagi semua pihak dengan Penguatan Sirusa (Sistem Rujukan Statistik), Updating website serta melakukan press release secara kontinyu mengenai data statistik.
5.    Meningkatkan koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi kegiatan statistik yang diselenggarakan pemerinyah dan swasta, dalam kerangka Sistem Statistik Nasional (SSN) yang efektif dan efisien dengan Penguatan Sistem Statistik Nasional (SSN).


3)   Tujuan BPS Kabupaten Fakfak  
Tujuan 1: Meningkatkan ketersediaan data dan informasi statistik yang berkualitas
Tujuan 2:   Meningkatkan Pelayanan Prima dalam rangka mewujudkan SSN yang Andal, Efektif dan Efisien
Tujuan 3:   Penguatan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta sarana Kerja
Tujuan 4:  Peningkatan Kapasitas SDM dan Penataan Kelembangaan

4)   Sasaran BPS Kabupaten Fakfak
Dari tujuan pembangunan statistik yang telah ditentukan, BPS Kabupaten Fakfak menetapkan sasaran pembangunan statistik sebagai berikut:
1.    Meningkatnya daya guna statistik;
2.    Semakin terpenuhinya kebutuhan statistik wilayah kecil dan spesifik daerah;
3.    Meningkatnya fungsi SSN;
4.    Semakin memadainya kuantitas dan kualitas sumber daya manusia; dan
5.     Terwujudnya good governance.
 

Tujuan 1 Meningkatkan ketersediaan data dan informasi statistik yang berkualitas
Mencakup 2 (dua) sasaran strategis yang ditetapkan yaitu:
1.1 Tersedianya data dan  informasi statistik ekonomi yang lengkap, akurat, dan tepat waktu
1.2 Tersedianya data dan  informasi Statistik Sosial dan Kesejahteraan Rakyat yang lengkap, akurat, dan tepat waktu


Tujuan 2 Meningkatkan Pelayanan Prima dalam rangka mewujudkan SSN yang Andal, Efektif dan Efisien
Meliputi 2 (dua) sasaran strategis yaitu:
2.1  Meningkatkan hubungan dengan pengguna data
2.2  Meningkatkan efektifitas dan efisiensi diseminasi data dan informasi statistik

Tujuan 3  Penguatan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta sarana Kerja
Meliputi 1 (satu) sasaran strategis yaitu:
3.1  Meningkatkan kualitas pengolahan data dan informasi statistik

Tujuan 4  Peningkatan Kapasitas SDM dan Penataan Kelembangaan
Meliputi 2 (dua) sasaran strategis yaitu:
4.1   Memperbaiki sumber daya manusia (SDM)
4.2     Meningkatkan pegawasan dan akuntabilitas kinerja aparatur BPS

5)   Kebijakan BPS Kabupaten Fakfak:

Arah kebijakan penyelenggaraan satuan kerja mengacu pada strategi pembangunan statistik yang terkait dengan visi dan misi satuan kerja sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 19 Tahun 2010 tentang Rencana Strategis Pembangunan Statistik Satuan Kerja Tahun 2010-2014, sebagai berikut:
1.     Meningkatkan penyediaan statistik berkualitas diberbagai tingkat dengan melakukan kegiatan pengumpulan data melalui sensus, survei dan metode lain;
2.     Mengembangkan sistem statistik wilayah kecil dan spesifik daerah secara bertahap untuk mendukung otonomi daerah;
3.     Meningkatkan kerjasama dengan sumber, produsen dan pengguna data dengan memberi apresiasi serta melakukan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) berbagai kegiatan statistik;
4.     Meningkatkan jumlah, ragam ketrampilan dan kemampuan SDM terutama di daerah dengan mengupayakan penambahan dan melakukan pendidikan, pelatihan, serta pembinaan karir pegawai;
5.     Melaksanakan manajemen yang efisien, efektif, bersih dan bertanggung jawab, transparan serta bebas KKN melakukan sistem pengawasan yang ketat berbasis teknologi informasi yang mutakhir, dengan menciptakan layanan prima;
6.     Mengefektifkan fungsi Forum Masyarakat Statistik (FMS) dengan memperbanyak pertemuan, diskusi dan kunjungan lapangan.

6)   Program yang dilaksanakan oleh  Satuan Kerja

Untuk dapat mencapai visi dan misi BPS Kabupaten Fakfak maka selama periode 2010-2014 telah ditetapkan dua program yaitu:
1.  Program Penyediaan dan Pelayanan Informasi Statistik (P2IS).
Program ini dimaksudkan untuk menyempurnakan dan mengembangkan kegiatan pengumpulan dan pengolahan data, serta pengkajian dan analisis statistik secara terus menerus guna menjamin kesinambungan penyediaan data statistik dasar yang lengkap, akurat dan tepat waktu untuk mendukung perencanaan, pemantauan dan evaluasi semua bidang pembangunan serta untuk penentuan kebijaksanaan baik nasional maupun regional.
2.  Program Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis Lainnya (DMPTT).
Program dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya dimaksudkan untuk memelihara dan meningkatkan sarana dan prasarana fisik yang ada di BPS, antara lain kenyamanan dan kelengkapan fasilitas ruang kerja serta penyediaan rumah dinas dan sarana transportasi untuk pusat dan daerah.
Program peningkatan sarana dan prasarana ini dilakukan secara bertahap setiap tahun, yang pada gilirannya diharapkan dapat mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan operasional pengumpulan data di lapangan dan pengolahannya. Dengan demikian tanggung jawab BPS dalam hal penyelenggaraan kegiatan statistik dapat dilaksanakan dengan lebih baik.
Tersedianya fasilitas penunjang yang lebih memadai akan memberi suasana kerja yang nyaman sehingga akan mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan mendorong terciptanya kondisi yang dapat memacu prestasi kerja para pelaksana dalam melaksanakan tugasnya. Berdasarkan kondisi tersebut maka peningkatan sarana dan prasarana fisik yang sudah ada diharapkan mampu memberi kenyamanan, kemudahan dan keamanan pada pegawai serta dapat lebih memperlancar dan mempercepat proses kegiatan statistik. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk membantu kelancaran pelaksanaan tugas pimpinan dan fungsi manajemen dalam penyelenggaraan kegiatan kenegaraan dan kepemerintahan dibidang penyediaan data statistik. Dasar kebijaksanaan dalam rencana anggaran program ini diarahkan untuk kegiatan-kegiatan operasional penyelenggaraan lembaga yang selama ini ditampung dalam anggaran rutin yaitu anggaran belanja pegawai dan non pegawai, serta penyediaan gaji pegawai, pemeliharaan sarana dan prasarana kantor dan sebagainya.

2.2   Indikator Kinerja Utama
Dalam rangka pengukuran dan peningkatan kinerja serta lebih meningkatkan akuntabilitas kinerja, satuan kerja menetapkan indikator kinerja utama sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor PER/9/M.PAN/5/2007.






INDIKATOR KINERJA UTAMA
(Peraturan Kepala BPS Nomor 11 Tahun 2011)

No.
TUJUAN & SASARAN STRATEGIS
INDIKATOR KINERJA UTAMA

1

Meningkatkan ketersediaan data dan informasi statistik yang berkualitas

Persentase pemasukan dokumen / response rate kegiatan survei statistik

1.1

Tersedianya data dan  informasi statistik ekonomi yang lengkap, akurat, dan tepat waktu

Persentase pelaksanaan pencacahan lapangan statistik ekonomi yang tepat waktu
Persentase pemasukan dokumen / respon rate dari kegiatan statistik perusahaan
Jumlah judul publikasi Statistik Ekonomi

1.2

Tersedianya data dan  informasi Statistik Sosial dan Kesejahteraan Rakyat yang lengkap, akurat, dan tepat waktu


Persentase pelaksanaan pencacahan lapangan statistik Sosial dan Kesejahteraan Rakyat yang tepat Waktu
Persentase pemasukan dokumen / response rate dari  kegiatan Statistik rumah tangga
Jumlah judul publikasi Statistik Sosial dan Kesejahteraan Rakyat


2

Meningkatkan Pelayanan Prima dalam rangka mewujudkan SSN yang Andal, Efektif dan Efisien

Persentase Konsumen yang merasa puas dengan layanan Data BPS

2.1

Meningkatkan hubungan dengan pengguna data

Banyaknya penyelenggaran sosialisasi kegiatan BPS
Persentase konsumen yang merasa puas terhadap akurasi data
Persentase konsumen yang merasa puas terhadap cakupan data.

3.

Penguatan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta sarana Kerja


Persentase data mutakhir yang ditampilkan di Web site BPS Kabupaten


3.1

Meningkatkan kualitas pengolahan data dan inf ormasi statistik

Persentase hasil pengolahan data yang dikirim ke BPS Provinsi tepat waktu
Jumlah Petugas fungsional pranata komputer

4.

Peningkatan Kapasitas SDM dan Penataan Kelembagaan


Persentase pegawai berpendidikan minimal Diploma III


4.1

Memperbaiki sumber daya manusia

Persentase pegawai yang sudah pernah mengikuti diklat prajabatan
Persentase pejabat yang sudah pernah mengikuti diklat kepemimpinan sesuai dengan eselon
Jumlah pegawai yang memangku jabatan fungsional tertentu


2.3  Rencana Kinerja Tahunan 2011
Berdasarkan permintaan kebutuhan data statistik oleh berbagai pihak serta mengacu pada RENSTRA BPS Tahun 2010-2014, maka BPS menyusun program kegiatan statistik untuk tahun 2011 ke dalam RENCANA KERJA BPS 2011 dengan fokus pada dua program yaitu:
(i)           Program Dukungan Manajemen dan Pelaksanaa Tugas Teknis Lainnya BPS (PDMPTTL),
(ii)         Program Penyediaan dan Pelayanan Informasi Statistik (P2IS),
Adapun kegiatan yang ditetapkan pada BPS daerah pada tahun anggaran 2011 adalah sebagai berikut:
Program Penyediaan dan Pelayanan Informasi Statistik
a)      Penyediaan dan Pengembangan Statistik Distribusi
-       Survei  transportasi
-       Survei statistik harga pedesaan
-       Pengumpulan data statistik keuangan daerah, BUMD, lembaga keuangan dan monitoring valas
-       Survei bidang jasa dan pariwisata
b)      Penyediaan dan Pengembangan Statistik Produksi
-       Survei pertanian tanaman pangan/ubinan dan luas lahan.
-       Survei perusahaan hortikultura dan indikator pertanian
-       Survei pertambangan
-       Survei konstruksi
c)      Penyediaan dan Pengembangan Statistik Sosial
-     SAKERNAS 2011
-     SUSENAS 2011
d)      Pengembangan Metodologi dan Sistem Informasi Statistik
-     Peningkatan Pelayanan Metadata Kegiatan Statistik Dasar, Sektoral Dan Khusus
e)    Penyediaan Data Neraca dan Analisis Statistik
-     Penyusunan neraca regional

Program Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis Lainnya BPS (PDMPTTL)
Program DMPTTL bertujuan untuk membantu kelancaran pelaksanaan tugas pimpinan dan fungsi manajemen dalam penyelenggaraan kegiatan penerapan kepemerintahan yang baik di bidang penyediaan data statistik. Dasar kebijaksanaan dalam rencana anggaran program ini diarahkan untuk kegiatan-kegiatan operasional penyelenggaraan lembaga seperti Pembayaran Gaji Dan Tunjangan, Penyelenggaraan Operasional Dan Pemeliharaan Perkantoran, Rekonsiliasi Sistem Akuntansi Instansi, Diklat Pra Jabatan, Evaluasi Penilaian Jabatan Fungsional, Dan Publikasi Statistik Daerah. Lancarnya penyelenggaraan DMPTTL diharapkan akan meningkatkan kinerja pelaksanaan tugas secara lebih efektif, efisien dan optimal dalam memenuhi kebutuhan data dan informasi statistik yang lebih berkualitas dan sesuai dengan jadwal waktu dan target substansi yang diharapkan. Pada akhirnya dengan meningkatnya kinerja pelaksanaan tugas diharapkan akan berdampak pada peningkatan pelayanan terhadap masyarakat pengguna data statistik.

2.4   Anggaran Tahun 2011
Pelaksanaan berbagai program kegiatan BPS Kabupaten Fakfak pada tahun 2011 dibiayai dari APBN yang dituangkan ke dalam Bagian Anggaran 54 DIPA Tahun 2011, dengan nilai pagu bagian Anggaran 54 sebesar Rp. 1,802,862,000.
PAGU ANGGARAN BELANJA BPS KABUPATEN FAKFAK
TAHUN 2011

Kode
Program
Pagu (Rp)
(1)
(2)
(3)
1
Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas-tugas Lainnya BPS
1,157,575,000
2
Penyediaan dan Pelayanan Informasi Statistik
661,487,000
JUMLAH
1,802,862,000












2.5   Penetapan Kinerja Tahun 2011
         
PENETAPAN KINERJA
BPS KABUPATEN FAKFAK TAHUN 2011

Sasaran Strategis
Indikator Kinerja
Target
(1)
(2)
(3)

Tujuan I:
Meningkatkan ketersediaan data dan informasi statistik yang berkualitas


Persentase pemasukan dokumen / response rate kegiatan survei statistik


100 %


1.1

TeTersedianya data dan  informasi statistik ekonomi yang lengkap, akurat, dan tepat waktu


Persentase pelaksanaan pencacahan lapangan statistik ekonomi yang tepat waktu
Persentase pemasukan dokumen / respon rate dari kegiatan statistik perusahaan
Jumlah judul publikasi Statistik Ekonomi

100 %


100 %


95

1.2
Te
Tersedianya data dan  informasi Statistik Sosial dan Kesejahteraan Rakyat yang lengkap, akurat, dan tepat waktu


Persentase pelaksanaan pencacahan lapangan statistik Sosial dan Kesejahteraan Rakyat yang tepat waktu
Persentase pemasukan dokumen / response rate dari  kegiatan Statistik rumah tangga
Jumlah judul publikasi Statistik Sosial dan Kesejahteraan Rakyat


100 %



100 %


1

Tujuan II :
Meningkatkan Pelayanan Prima dalam rangka mewujudkan SSN yang Andal, Efektif dan Efisien


Persentase Konsumen yang merasa Puas dengan layanan Data BPS



85 %

2.1

Meningkatkan hubungan dengan pengguna data

Banyaknya penyelenggaran sosialisasi kegiatan BPS
Persentase konsumen yang merasa puas terhadap akurasi data
Persentase konsumen yang merasa puas terhadap cakupan data.

1

85 %

90 %

2.2

Meningkatkan efektifitas dan efisiensi diseminasi data dan informasi statistik

Jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan BPS Kabupaten/Kota.
Jumlah Instansi pemerintah dan lembaga lainnya yang menerima publikasi BPS

150


5



Tujuan III :
Penguatan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta sarana Kerja



Persentase data mutakhir yang ditampilkan di Web site BPS Kabupaten


100 %

3.1 Meningkatkan kualitas pengolahan data dan informasi statistik

Persentase hasil pengolahan data yang dikirim ke BPS Provinsi tepat waktu
Jumlah Petugas fungsional pranata komputer

100 %


0

Tujuan IV :
Peningkatan Kapasitas SDM dan Penataan Kelembangaan


Persentase pegawai berpendidikan minimal Diploma III


40 %

4.1

Memperbaiki sumber daya manusia

Persentase pegawai yang sudah pernah mengikuti diklat prajabatan
Persentase pejabat yang sudah pernah mengikuti diklat kepemimpinan sesuai dengan eselon
Jumlah pegawai yang memangku jabatan fungsional tertentu

100 %


100 %



0

4.2

Meningkatkan pegawasan dan akuntabilitas kinerja aparatur BPS

Penyusunan Renstra, RKT, LAKIP, dan PK yang tepat waktu
Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja BPS Kabupaten oleh Inspektorat Utama
Laporan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan ke BPS Provinsi  (Form A PP39 KL)

80 %



60


4


BAB  III
AKUNTABILITAS KINERJA

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik memberi amanat kepada BPS untuk menyelenggarakan statistik dasar dan mengumumkan hasilnya secara teratur dan transparan kepada masyarakat. Keputusan Presiden Nomor 166 Tahun 2000, menetapkan BPS sebagai salah satu Lembaga Pemerintah Non Departemen yang menjalankan kewenangan dibidang statistik dasar baik di pusat maupun di daerah-daerah.
Akuntabilitas kinerja BPS Kabupaten Fakfak merupakan perwujudan kewajiban untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan pelaksanaan misi BPS dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan melalui media pertanggungjawaban secara periodik selama satu tahun. Pelaksanaan tugas pokok dan fungsi BPS dilakukan sesuai dengan rencana strategis seperti tertulis pada Bab II.

3.1  Analisis Pencapaian Kinerja Tahun 2011
Tujuan-1 Meningkatkan Ketersediaan Data dan Informasi Statistik yang Berkualitas

Tujuan utama yang ingin dicapai BPS adalah tersedianya data dan informasi statistik yang berkualtas, pada tahun ini target tersebut tercapai 100 %. Nilai ini adalah rata-rata dari indikator penyajian data PDRB menurut lapangan usaha tiap tahun, penyajian data kabupaten dalam angka tiap tahun, pemasukan dokumen survei pertanian, pemasukan dokumen survei bidang produksi, peningkatan pengawasan lapangan dari kegiatan statistik, serta tersedianya perbaikan peta wilayah kerja statistik dan wilayah administrasi (desa/kelurahan) untuk keperluan pengumpulan dan penyajian data dan informasi statistik. Tingkat capaian kinerja yang telah mencapai target yang telah ditetapkan dikarenakan penyajian publikasi PDRB dan statistik daerah yang tepat waktu, selain itu pengawasan lapangan dari kegiatan statistik juga mengalami peningkatan hingga dapat mencapai target. Hal ini membuktikan bahwa BPS Kabupaten Fakfak telah dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan data yang akurat dan tepat waktu.
Kualitas data yang dihasilkan oleh BPS Kabupaten Fakfak tidak lepas dari pemasukan dokumen dan kelengkapan data yang merupakan indikator dari data yang berkualitas. Pemasukan dokumen BPS Kabupaten Fakfak untuk tahun 2011 telah mencapai target yang ditetapkan, yaitu 100 %. Hal ini menunjukkan bahwa data yang dihasilkan oleh BPS Kabupaten Fakfak berkualitas.     

Sasaran 1.1 Tersedianya data dan informasi statistik ekonomi yang lengkap, akurat, dan tepat waktu.
Tingkat pencapaian Sasaran-1.1 dapat tercapai 99,83 % dari target yang telah ditetapkan. Hal ini didapat dari beberapa indikator kegiatan yang dicapai telah sesuai target yang ditetapkan. Indikator-indikator tersebut adalah pelaksanaan pencacahan lapangan statistik ekonomi yang tepat pada waktunya dan pemasukan dokumen dari kegiatan survei perusahaan yang tepat waktu dan lengkap. Publikasi yang dihasilkan oleh BPS Kabupaten Fakfak telah sesuai dengan target yang ditetapkan, yaitu sebanyak 5 jenis publikasi.
Beberapa kendala/masalah yang dihadapi untuk mencapai sasaran tersedianya data dan informasi statistik ekonomi yang lengkap, akurat, dan tepat waktu  diantaranya:
1.    Kurangnya kesadaran responden untuk memberikan informasi sehingga informasi yang didapatkan kurang lengkap.
2.    Collecting data yang seringkali tidak tepat waktu karena responden terlalu lama dalam memberikan informasi.
3.    Beberapa komoditi yang ada dalam survei harga seringkali tidak ditemukan di pasaran.
4.      Tidak konsistennya data dilapangan yang disebabkan oleh faktor internal yaitu terbatasnya sumber daya manusia (SDM) statistik yang profesional dan kompeten sesuai dengan bidang tugas.
Strategi yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala dalam penyediaan data dan informasi statistik ekonomi yang lengkap, akurat, dan tepat waktu adalah:
1.    Melakukan sosiali tentang berbagai kegiatan BPS Kabupaten fakfak agar masyarakat sebagai responden menjadi lebih mengerti pentingnya memberikan informasi yang lengkap.
2.    Mengganti komoditi yang tercakup dalam kegiatan survei harga konsumen dengan jenis komoditi yang hampir sama dan menanyakan harga periode sebelumnya;
3.      Melakukan pengawasan lapangan yang lebih cermat dan melakukan kunjungan ulang untuk mengatasi ketidakkonsistenan data di lapangan.
Untuk mengevaluasi capaian sasaran, tabel berikut ini meyajikan capaian dimaksud dengan indikator kinerjanya:
Indikator Kinerja
Target
Realisasi
Tingkat
Capaian
Keterangan

1.    Pelaksanaan pancacahan lapangan statistik ekonomi yang tepat waktu.
2.    Pemasukan dokumen/response rate kegiatan survei perusahaan.
3.    Jumlah judul publikasi statistik ekonomi

100 %

100 %

5


99,81 %

99,79 %

100 %


99,81 %

99,79 %

100%


IKU

IKU

IKU

Sasaran 1.2 Tersedianya data dan informasi statistik sosial dan kesejahteraan rakyat yang lengkap, akurat, dan tepat waktu.
Tingkat pencapaian Sasaran 2.1 dapat tercapai 98 % dari target yang telah ditetapkan. Capaian ini dihitung dari rata-rata indikator pelaksanaan pencacahan lapangan statistik sosial dan kesejahteraan rakyat yang tepat waktu dan pemasukan dokumen/response rate kegiatan statistik rumah tangga yang tepat waktu dan lengkap.
Permasalahan yang dihadapi dalam mencapai sasaran tercapainya data dan informasi statistik sosial dan kesejahteraan yang lengkap, akurat, dan tepat waktu adalah:
1.    Kesadaran masyarakat sebagai responden yang kurang akan pentingnya memeberikan informasi.
2.    Alamat responden yang sering berubah-ubah sehingga seringkali tidak ditemukan.
3.      Tidak konsistennya data dilapangan yang disebabkan oleh faktor internal yaitu terbatasnya sumber daya manusia (SDM) statistik yang profesional dan kompeten sesuai dengan bidang tugas.
Strategi untuk mengatasi kendala dalam mencapai sasaran tersedianya data dan informasi statistik sosial dan kesejahteraan rakyat yang lengkap, akurat, dan tepat waktu adalah:
1.    Memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya memeberikan informasi yang lengkap.
2.    Melakukan updating direktori responden agar tingkat non response dapat dikurangi.
3.    Melakukan pelatihan petugas agar kualitas SDM menjadi lebih baik sehingga dapat menghasilkan data yang lebih lengkap dan berkualitas.
           
            Tabel Berikut ini menyajikan tingkat capaian sasaran berdasarkan indikator kinerjanya:

Indikator Kinerja
Target
Realisasi
Tingkat
Capaian
Keterangan
1.    Pelaksanaan pencacahan lapangan kegiatan statistik sosial dan kesejahteraan rakyat yang tepat waktu.
2.    Pemasukan dokumen/response rate dari kegiatan statistik rumah tangga yang tepat waktu.

100 %


100 %
100 %


95 %
100 %


95 %

IKU


IKU

Tujuan 2- Meningkatkan Pelayanan Prima dalam Rangka Mewujudkan SSN yang Andal, Efektif dan Efisien.
Tujuan lain yang ingin dicapai BPS adalah meningkatkan pelayanan prima dalam rangka mewujudkan SSN yang andal, efektif, dan efisien. Pada tahun 2011, pencapaian kinerja tujuan ini mencapai 85 %. Nilai ini merupakan rata-rata dari tingkat capaian beberapa indikator diantaranya adalah banyaknya penyelenggaraan sosialisasi kegiatan BPS Kabupaten Fakfak, pesentase konsumen yang merasa puas terhadap akurasi data, persentase konsumen yang merasa puas terhadap cakupan data, jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan BPS Kabupaten Fakfak, dan jumlah instansi pemerintah dan lembaga lainnya yang menerima publikasi BPS Kabupaten Fakfak.   
            Sebagai pelayan prima, BPS Kabupaten Fakfak dituntut untuk mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang membutuhkan data. Oleh karena itu, BPS Kabupaten Fakfak berusaha meningkatkan pelayanan prima kepada semua pengguna data, terbukti dengan tercapainya target tahun 2011 sebesar 100 %.

Sasaran 2.1 Meningkatkan hubungan dengan pengguna data
Tingkat pencapaian Sasaran peningkatan hubungan dengan pengguna data pada tahun 2011 dapat tercapai 87,5 %. Pencapaian ini diperoleh dari indikator banyaknya penyelenggaraan sosialisasi kegiatan BPS, tingkat kepuasan konsumen terhadap akurasi data, dan tingkat kepuasan konsumen terhadap cakupan data. Pesentase konsumen terhadap akurasi data yang disediakan oleh BPS Kabupaten adalah 85 % sedangkan persentase konsumen yang merasa puas terhadap cakupan data yang ada di BPS Kabupaten Fakfak adalah sebesar 90 %. Pada tahun 2011, kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh BPS sebanyak 1 kali dan telah sesuai dengan target yang telah ditetapkan.  
          Permasalahan yang dihadapi dalam mencapai sasaran peningkatan hubungan dengan pengguna data adalah:
1.    Belum semua data tersedia di BPS Kabupaten Fakfak karena keterbatasan sumber daya manusia.
2.    Faktor SDM yang menyebabkan pengumpulan data tidak sesuai dengan jadwal yang seharusnya sehingga data yang tersedia tidak selalu akurat.
Strategi yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam mencapai sasaran peningkatan hubungan BPS Kabupaten dengan Fakfak dengan pengguna data adalah:
1.    Peningkatan kualitas dan kuantitas sosialisasi kegiatan statistik BPS Kabupaten Fakfak kepada masyarakat.
2.    Mengadakan pelatihan SDM agar dapat menghasilkan data yang berkualitas dan akurat serta dengan cakupan yang lebih luas lagi.
 Berikut ini menyajikan tingkat capaian sasaran berdasarkan indikator kinerjanya:

Indikator Kinerja
Target
Realisasi
Tingkat
Capaian
Keterangan

1.    Banyaknya penyelenggaraan sosialisasi kegiatan BPS Kabupaten Fakfak
2.    Tingkat kepuasaan konsumen puas terhadap akurasi data BPS Kabupaten Fakfak
3.    Tingkat kepuasan konsumen terhadap cakupan data BPS Kabupaten Fakfak


1

100 %


100 %

1

85 %


95 %

100 %

85 %


95 %


IKU

IKU


IKU


Sasaran 2.2 Meningkatkan Efektifitas dan efisiensi diseminasi data dan informasi statistik
Tingkat pencapaian sasaran peningkatan efektifitas dan efisiensi diseminasi data dan informasi statistik dapat tercapai 106,67 % melebihi target yang telah ditetapkan. Peningkatan efektifitas dan efisiensi diseminasi data dan informasi statistik yang telah mencapai lebih dari target ini diperoleh dari indikator jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan BPS Kabupaten Fakfak dan jumlah instansi pemerintah dan lembaga lainnya yang menerima publikasi BPS yang telah melampaui target.
Beberapa masalah/kendala dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi diseminasi data dan informasi statistik adalah:
1.        Belum sempurnanya sistem komputerisasi dalam layanan sistem terpadu (perpustakaan) BPS Kabupaten Fakfak;
2.        Masih ada instansi pemerintah dan lembaga yang belum menerima publikasi yang disajikan oleh BPS Kabupaten Fakfak.
Strategi yang dilakukan dalam mengatasi kendala/masalah dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi diseminasi data dan informasi statistik adalah:
1.        Memperbaiki kualitas layanan dan hasil-hasil (data dan informasi statistik);
2.        Menambah jumlah daftar instansi pemerintah dan lembaga yang belum menerima publikasi yang disajikan oleh BPS Kabupaten Fakfak.
            Tabel Berikut ini menyajikan tingkat capaian sasaran berdasarkan indikator kinerjanya:
Indikator Kinerja
Target
Realisasi
Tingkat
Capaian
Keterangan

1.    Jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan BPS Kabupaten Fakfak
2.    Jumlah instansi pemerintah dan lembaga lainnya yang menerima publikasi BPS Kabupaten Fakfak


150

5

161

6

106,67 %

102 %


IKU

IKU



Tujuan 3- Penguatan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Sarana Kerja
Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang pesat sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan BPS Kabupaten Fakfak. Untuk mewujudkan pelayanan data serta kualitas data yang lebih baik, BPS Kabupaten Fakfak membutuhkan sarana penunjang berupa teknologi informasi dan komunikasi serta sarana kerja yang memadai. Untuk itu tujuan yang ketiga dari rencana strategis BPS Kabupaten Fakfak  dititikberatkan pada penguatan teknologi informasi dan komunikasi serta sarana kerja.
Pada tahun ini tingkat capaian tujuan 3 adalah 100 % dari target yang ditetapkan. Pencapaian ini diperoleh dari indikator hasil pengolahan data yang dikirim ke BPS Provinsi Papua Barat tepat pada waktunya. Sedangkan untuk jumlah petugas fungsional pranata komputer untuk di BPS Kabupaten Fakfak belum ada. Begitu pula dengan website BPS Kabupaten Fakfak yang masih belum tersedia karena keterbatasan SDM yang mengelola.

Sasaran 3.1 Meningkatkan kualitas pengolahan  data dan informasi statistik
Tingkat pencapaian sasaran peningkatan kualitas pengolahan data dan informasi statistik mencapai 100 % sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Tingkat capaian ini didapat dari indikator persentase hasil pengolahan data yang dikirim ke BPS Provinsi Papua Barat yang telah mencapai 100 %, sedangkan untuk petugas fungsional pranata komputer di BPS Kabupaten Fakfak belum tersedia (tingkat capaianya 0 persen).
Beberapa kendala/permasalahan dalam mencapai peningkatan kualitas pengolahan data dan informasi statistik adalah:
1.    Kurangnya sarana dan prasarana untuk menunjang kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seperti belum tersedianya koneksi internet.
2.    Kurangmya SDM yang kompeten baik dari segi kualitas maupun kuantitas sehingga kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di BPS Kabupaten Fakfak menjadi kurang pesat.
Strategi dalam mengatasi kendala/permasalahan yang dihadapi dalam meningkatkan kualitas pengolahan data dan informasi statistik adalah:
1.    Menambah sarana dan prasarana seperti koneksi internet agar komunikasi menjadi lebih lancar serta pengiriman data dari kabupaten ke BPS Provinsi Papua Barat tidak terhambat sehingga dapat diterima tepat pada waktunya.
2.    Mengadakan pelatihan SDM dalam hal penguasaan teknologi informasi dan komunikasi agar tersedia SDM yang kompeten dalam teknologi informasi dan komunikasi.
          Tabel Berikut ini menyajikan tingkat capaian sasaran berdasarkan indikator kinerjanya:

Indikator Kinerja
Target
Realisasi
Tingkat
Capaian
Keterangan

1.    Persentase hasil pengolahan data yang dikirim ke BPS Provinsi Papua Barat.
2.    Jumlah petugas fungsional pranata komputer

100 %

na

100 %

na

100 %

na


IKU

IKU

Tujuan 4- Meningkatkan Kualitas SDM dan Penataan Kelembagaan
Kualitas SDM sangat menentukan kualitas data yang dihasilkan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Fakfak. SDM mempunyai peran yang sangat vital dalam peningkatan kualitas serta kelengkapan dan keakuratan data yang dihasilkan. Oleh karena itu, peningkatan kualitas SDM harus terus dilakukan agar kualitas data yang dihasilkan juga semakin baik. Selain kualitas SDM,pengelolaan  kelembagaan yang efektif dan efisien juga turut dalam menentukan keberhasilan peningkatan kualitas data yang dihasilkan BPS Kabupaten Fakfak.
Tujuan peningkatan kualitas SDM dan penataan kelembagaan diukur dengan 2 sasaran, yaitu memperbaiki SDM dan meningkatkan pengawasan dan akuntabilitas kinerja aparatur BPS Kabupaten Fakfak. Dengan tercapainya peningkatan kualitas SDM serta pengelolaan kelembagaan yang semakin nefektif dan efisien, diharapkan data yang dihasilkan oleh BPS Kabupaten Fakfak juga akan menjadi lebih berkualitas, akurat dan tepat waktu.
Tahun 2011, peningkatan kualitas SDM dan penataan kelembagaan mencapai 90 % dari target yang telah ditetapkan. Hal ini disebabkan oleh beberapa indikator yang belum dapat mencapai target yang diinginkan sehingga diperlukan tindak lanjut agar target yang telah ditetapkan dapat dicapai.
    Sasaran 4.1 Memperbaiki Sumber Daya Manusia
Tahun 2011, peningkatan kualitas SDM dan penataan kelembagaan mencapai 100 % dari target yang telah ditetapkan. Pencapaian ini diperoleh dari persentase pegawai yang sudah pernah mengikuti diklat prajabatan dan persentase pejabat yang sudah pernah mengikuti diklat kepemimpinan sesuai dengan eselon mencapai 100 %. Sedangkan pada tahun 2011 belum ada pegawai yang memangku jabatan fungsional tertentu.  
          Beberapa masalah/kendala yang dihadapi dalam mencapai sasaran memperbaiki sumber daya manusia adalah:
1.    Penempatan staf yang belum sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang dimiliki.
2.    Kurangnya minat pegawai terhadap jabatan fungsional sehingga selama tahun 2011 belum ada pegawai yang memangku jabatan fungsional.
3.    Belum ada kebijakan dan prosedur pengembangan sumber daya manusia.
Strategi yang dilakukan dalam mengatasi kendala/masalah yang dihadapi dalam mencapai sasaran memperbaiki sumber daya alam adalah:
1.    Memperbaiki penempatan staf sehingga sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang dimiliki.
2.    Mengadakan sosialisasi tentang jabatan fungsional untuk lebih mengenalkan pegawai pada jabatan tersebut sehingga muncul minat untuk memangku jabatan fungsional.
3.    Membuat kebijakan mengenai pengembangan sumber daya manusia.
  Tabel Berikut ini menyajikan tingkat capaian sasaran berdasarkan indikator kinerjanya:
Indikator Kinerja
Target
Realisasi
Tingkat
Capaian
Keterangan

1.    Persentase pegawai yang sudah pernah mengikuti diklat prajabatan
2.    Persentase pejabat yang sudah pernah mengikuti diklat kepemimpinan sesuai eselon.
3.    Jumlah pegawai yang memangku jabatan fungsional

20

4


na

20

4


na

100 %

100 %


na


IKU

IKU


IKU
Sasaran 4.2 Meningkatkan pengawasan dan akuntabilitas kinerja aparatus BPS
Tingkat pencapaian Sasaran 4.2 dapat tercapai …… (sebutkan tingkat pencapaian sasaran sesuai target/tidak sesuai target, ditunjukkan dengan indikator apa, deskriptifkan apa yang telah dicapai tersebut).  
            (sebutkan masalah dan kendala yang dihadapi dalam mencapai sasaran ke-1, tujuan ke-2 tersebut) serta Strategi untuk mengatasi masalah/kendala (sebutkan Strategi untuk mencapai sasaran ke-1, tujuan ke-2 tersebut).

Permasalahan/Kendala yang dihadapi:
1)   ……………………………….
2)   ……………………………….
3)   Dst.

Strategi untuk mengatasi masalah/kendala
1)   ……………………………….
2)   ……………………………….
3)   Dst.

            Tabel Berikut ini menyajikan tingkat capaian sasaran berdasarkan indikator kinerjanya (sebutkan indikator-indikator dalam sasaran ke-1, tujuan ke-2):

Indikator Kinerja
Target
Realisasi
Tingkat
Capaian
Keterangan

………………………………

Dst.


……

……

……

……

…… %

…… %


IKU

IKU

3.2   Evaluasi  Kegiatan Tahun 2011
Evaluasi Kegiatan Statistik Distribusi

Evaluasi Kegiatan Statistik Produksi

Evaluasi Kegiatan Statistik Sosial

Evaluasi Neraca dan Analisis Statistik

Evaluasi Kegiatan Pengembangan Metodologi dan Sistem Informasi Statistik
contoh è Pada tahun 2010 BPS menyelenggarakan kegiatan Sensus Penduduk 2010 (SP2010) sesuai amanah UU No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Hasil SP2010 telah diumumkan secara resmi oleh Presiden-RI pada sidang paripurna DPR-RI tanggal 16 Agustus 2010 yaitu jumlah penduduk Indonesia sebesar 237,64 juta jiwa. Bila dibedakan menurut jenis kelamin maka banyaknya penduduk wanita sejumlah 118,01 juta dan penduduk laki-laki sejumlah 119,63 juta.

         

3.3   Akuntabilitas Keuangan Tahun 2011
Dalam uraian lain disajikan pula akuntabilitas keuangan yang menggambarkan realisasi anggaran serta kendala yang terjadi.

Realisasi Penggunaan Anggaran Tahun 2011

Satuan Kerja: BPS Kabupaten Fakfak

No.
Program
Pagu 2011
Realisasi s/d
30 Juni 20xx
Realisasi s/d Desember 20xx
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
1
Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas-tugas Lainnya BPS
Rp.  1,157,575,000

Rp. … … … …
(…%)
Rp. … … … …
(…%)
2
Penyediaan dan Pelayanan Informasi Statistik
Rp. 661,487,000

Rp. … … … …
(…%)
Rp. … … … …
(…%)
JUMLAH
Rp. 1,802,862,000
Rp. … … … …
(…%)
Rp. … … … …
(…%)


























BAB  IV
PENUTUP

          Mengemukakan tinjauan secara umum tentang keberhasilan dan kegagalan, permasalahan dan kendala utama yang berkaitan dengan kinerja instansi yang bersangkutan serta strategi pemecahan masalah yang akan dilaksanakan di tahun mendatang.

4.1     Tinjauan Umum
Sebutkan hasil evaluasi secara umum untuk tingkat capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) pada unit kerja yang bersangkutan, yang perlu disampaikan antara lain: rata-rata pencapaian IKU berapa persen, IKU yang dicapai sesuai target berapa persen, IKU yang di atas target berapa persen, dan IKU yang rendah berapa persen. Disertai dengan deskripsinya.

4.2     Permasalahan dan Kendala Utama
Sebutkan permasalahan dan kendala utama pada unit kerja yang bersangkutan, utamanya terhadap indikator-indikator kinerja utama yang rendah sehingga unit kerja tersebut tidak bisa mencapai target sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan. 

4.3     Saran Tindak Lanjut
          Berisi tentang saran yang dapat dilakukan guna peningkatan kinerja Satuan Kerja pada masa yang akan datang. 


0 Response to "Rencana Strategis BPS Kabupaten Fakfak"

Posting Komentar

KO TITIP PESAN DI SINI

kawanku Terima kasih telah mengunjungi alamat apa kabar papua!

Lencana Facebook

Followers

Blog Archive

Blog Archive

Category

Lencana Facebook

Cs utbir

APA PILIHAMU TENGTAN BLOG INI

flagcounter

free counters

Cari Blog Ini

coba

Calendar




SMS GRATIS

Download

hit counter

Total Tayangan