isi blog

chados sangkek. Diberdayakan oleh Blogger.

Lencana Facebook

Persoalan Papua Bukan Masalah Uang

Diposting oleh CHADOS-SANGKEK On 08.21.00

Mantan wakil Presiden M. Jusuf Kalla menyatakan persoala di Papua bukan menyangkut uang melainkan problem nilai tambah yang belum tercipta di tengah masyarakat.

Saat bicara dalam seminar daya saing di fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Sabtu (17/11), dia menyatakan berapapun uang/anggaran di Papua bisa dibelanjakan dan akhirnya habis karena orientasinya selalu pada konsumsi. Masyarakat belum terbiasa bagaimana mengubah uang sebagai modal untuk menciptakan nilai tambah.

“Kemakmuran di mana saja (termasuk di Papua) tergantung bagaimana menciptakan nilai tambah. Papua ini uangnya dikasih, politik dikasih, tetap terjadi persoalan. Sumber masalahnya bagaimana menciptakan nilai tambah di tengah masyarakatnya,” ujar dia.

Dia membandingkan warga di kota lain misalnya tahapannya mengubah uang sebagai modal telah mentradisi. Atau, kain dikreasi menjadi lembaran batik, kayu menjadi aneka produk kerajinan, kendaraan tersedia bengkel. “Kalau orientasinya (modal) menjadi alat konsumsi, berapapun uangnya tidak menjamin makmu dan sejahtera.”jelasnya.

Aspek daya saing juga menjadi bagian terciptanya kemakmuran. Orientasi daya saing harus memenuhi tiga syarat, kualitas barang baik, produksi cepat dan murah.

“Jepang mempraktikkan tiga hal tersebut. Mereka memproduksi mobil dengan harga bersaing, sementara Amerika membuat produk yang sama dengan harga lebih mahal, produk Jepang yang menguasai pasar. China sedang melakukan strategi yang sama, memproduksi barang murah, produknya massal dan cepat, kualitas sedikit kurang. Harga murah menjadi strategi daya saing produk China,” kata dia.

0 Response to "Persoalan Papua Bukan Masalah Uang"

Posting Komentar

KO TITIP PESAN DI SINI

kawanku Terima kasih telah mengunjungi alamat apa kabar papua!

Lencana Facebook

Followers

Blog Archive

Blog Archive

Category

Lencana Facebook

Cs utbir

APA PILIHAMU TENGTAN BLOG INI

flagcounter

free counters

Cari Blog Ini

coba

Calendar




SMS GRATIS

Download

hit counter

Total Tayangan