isi blog

chados sangkek. Diberdayakan oleh Blogger.

A B C ( Akut Bakit Cocok )

Diposting oleh CHADOS-SANGKEK On 04.07.00


Akut Bakit adalah 2 orang manusia yang berbeda yang diciptakan oleh Tuhan . Akut Bakit pertama kita kenal adalah adam dan Hawa . Adam merasa sepi dan kesepian maka berdoalah dia kepada Tuhan nya , maka diciptakan Hawa untuk menemani Adam . Hawa membawa perubahan besar kehidupan Manusia pada Umumnya dan Adam Pada khususnya . Akut Bakit Bagai Adam dan Hawa , mereka diciptakan untuk saling melengkapi .
Di era tahun 1970 an , banyak akut - akut yang melanjutkan sekolah mereka ke luar daerah seperti ke Manokwari , Fak -fak , Biak dan Jayapura . karena di tempat ini mereka bisa melanjutkan pendidikan mereka . adapun mereka saat ini sudah menjadi orang sukses bagi keluarga dan keret mereka . sekolah - sekolah lanjutan yang mereka tempuh antara lain , SGO... di Fak - Fak , VMS di Manokwari , KPA ( setingkat SMA ) di Biak dan Sekolah Putri di Jayapura , Uncen ( Jayapura ) .
Akut Bakit saat ini tersebar di seluruh pelosok negeri , ada yamh di jawa , manado , jakarta , manokwari , jayapura dan di beberapa daerah di Luar negeri . Mereka melanjutkan sekolah mereka ke jenjang yang lebih tinggi karena tuntutan keluarga dan keret mereka . persaingan antar keret atau kampung sangat terlihat sekali saat - saat ini . banyak orang tua mereka menyekolahkan mereka ke sekolah yang lebih bagus mutu dan teknologi nya agar keret dan kampung mendapat pengakuan dan membuat orang tua itu bangga terhadap anaknya .
Akut Bakit adalah salah satu dari ratusan suku yang berada di tanah ini . persaingan yang mereka lakukan harus ditiru oleh suku - suku lain di tanah ini , karena persaingan mereka sangatlah baik . Pendidikan adalah salah satu persaingan yang harus dipunyai oleh keluarga dan keret di salah satu suku . Akut Bakit dalam kehidupan saat ini selalu membantu , menolong dan bersama - sama . Jika diantara akut dan bakit ada kesusahan mereka selalu saling membantu . Mereka di tanamkan suatu ideologi sejak masih remaja , bahwa keluarga itu lebih penting daripan teman . dan salah satu ideologi mereka adalah bahwa seorang akut harus menikahi seorang bakit apabila Keluarga atau suku mereka di katakan " berada / berbobot " . Dalam pergaulan sehari - hari mereka cocok dan serasi . Tarian pergaulan mereka yang penuh Fantasi ( Tumbuk Tanah ) , Mas Kawin / Mahar yang mengikat seorang Akut agar lebih bertanggung jawab , Beban Istie / masalah yang sangat besar apabila seseorang melakukan kesalahan kepada seseorang , dll
demikian sekilas tentang pergaulan akut - bakit yang penulis ketahui .
salam .. metiooh !!

Category :

0 Response to "A B C ( Akut Bakit Cocok )"

Posting Komentar

KO TITIP PESAN DI SINI

kawanku Terima kasih telah mengunjungi alamat apa kabar papua!

Lencana Facebook

Followers

Blog Archive

Blog Archive

Category

APA PILIHAMU TENGTAN BLOG INI

flagcounter

free counters

Cari Blog Ini

coba

Follow by Email

Calendar




SMS GRATIS

Download

hit counter

Total Tayangan